Gandeng Kemenkes, Wenny Haryanto Gelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Selasa, 13 Juni 2023 - 22:15 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DETIKINDONESIA.CO.ID, BEKASI – Untuk kesekian kalinya, Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Golkar Dra Hj Wenny Haryanto, SH mengunjungi wilayah Kota Bekasi. Kali ini, kunjungan Legislator Senayan ini dalam rangka menggelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Bekasi Utara, Senin (12/6).

Terlihat hadir sebagai narasumber dalam sosialisasi tersebut, yakni Elisabet Sa Pang Sampelo, ST, MM selaku Ketua Tim Kerja Fasyankes Lainnya pada Direktorat Fasyankes di Kementerian Kesehatan RI, dan Neni Nurjanah selaku Administrator Ahli Muda pada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Selain itu nampak hadir Ketua Kadin Indonesia Kota Bekasi Huda Sulistio, dan tokoh perempuan Kota Bekasi Sukmawati Sultan.

Selama sosialisasi berjalan, sebanyak 500 peserta dari kalangan pengurus TP PKK, kader Posyandu serta tokoh masyarakat Bekasi Utara yang hadir nampak antusias mendengarkan pemaparan yamg disampaikan para narasumber. Terlebih lagi kegiatan ini dirangkai dengan dialog interaktif yang dimanfaatkan para peserta untuk menyampaikan aspirasi dan keluhan mereka terkait pelayanan kesehatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Saat memulai pemaparannya, Dra Hj Wenny Haryanto, SH menyatakan kesehatan merupakan kebutuhan dasar rakyat dan pemenuhannya dijamin oleh negara. “Sehingga pembangunan di bidang kesehatan menjadi hal penting yang harus dilakukan agar pelayanan kesehatan dapat menjangkau seluruh rakyat Indonesia,” ulasnya.

Baca Juga :  Kopi Darat Bareng Yasonna Laoly & Beberapa Dubes, Bupati Freddy Thie Promosikan Kaimana

Menurut Wenny Haryanto, perlu adanya satu komitmen yang kuat dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk menyediakan pelayanan kesehatan yang dapat menjangkau seluruh Rakyat Indonesia. “Fasilitas pelayanan kesehatan tersebut termasuk tersedianya formasi tenaga kesehatan di setiap pelayanan kesehatan, terdapatnya industri nasional untuk peralatan Rumah Sakit, farmasi, dan obat-obatan, sistem jaminan kesehatan nasional yang memastikan bahwa seluruh Rakyat Indonesia mendapatkan pelayanan kesehatan yang saat ini diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, serta alokasi anggaran kesehatan yang tepat sasaran dan tepat manfaat,” papar Wenny yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar VI meliputi Kota Bekasi dan Kota Depok.

Wenny lalu menegaskan, pembangunan di bidang kesehatan harus diarahkan agar pelayanan kesehatan dapat menjangkau seluruh Rakyat Indonesia. “Sesuai dengan tugas dan fungsinya maka Komisi IX DPR RI melaksanakan fungsi legislasi, fungsi anggaran dan dan fungsi pengawasan terhadap sebagian pelaksanaan tugas pemerintah dalam hal ini yang dilaksanakan mitra Komisi IX,” ungkapnya.

Baca Juga :  Wujudkan Kaimana Nol Sampah, Bupati Freddy Thie Bersama Generasi Muda Kaimana Lakukan Aksi Pungut Sampah

“Komisi IX DPR RI dalam menjalankan fungsi anggarannya, ikut mencermati dan mempertajam kebijakan Pemerintah dalam mengalokasikan anggaran kesehatan dari APBN. Sebagai Anggota Komisi IX, saya selalu mendukung berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh para mitra Komisi IX. Bentuk kegiatan tersebut salah satunya kegiatan Sosialisasi atau Komunikasi, Informasi dan Edukasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Kota Bekasi, yang diselenggarakan bersama untuk melaksanakan program-program kerja mitra dan Komisi IX, seperti yang hari ini kita laksanakan, terselenggara berkat kerjasama antara Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Dinas Kesehatan Kota Bekasi dan Komisi IX DPR RI,” papar Wenny menambahkan.

Wenny juga menyampaikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang diatur dalam Instruksi Presiden No.1 Tahun 2017 adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. “Aksi atau kegiatan Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih, sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat,” katamya.

Baca Juga :  Cabut Moratorium, Proses 10 Usulan Pemekaran Dari NTT

Secara umum, jelas Wenny, tujuan Germas adalah menjalani gaya hidup sehat dengan perilaku hidup bersih, olahraga teratur, tidur yang cukup, menerapkan pola makan yang sehat, serta mengelola stress secara baik dengan selalu melakukan tindakan yang membuat hati selalu positif akan memberi banyak manfaat, mulai dari peningkatan kualitas kesehatan dan Imunitas hingga peningkatan produktivitas. “Hal penting lain yang tidak boleh dilupakan dari gaya hidup sehatadalah terciptanya kebahagiaan diri dan lingkungan yang bersih serta sehat, sehingga menyebabkan berkurangnya resiko membuang lebih banyak uang untuk biaya berobat ketika sakit,” tegasnya.

Menutup pemaparannya, Wenny berharap kegiatan ini menjadi langkah atau upaya yang penting dalam mengendalikan laju peningkatan kualitas layanan kesehatan di Indonesia. “Kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan upaya kesehatan masyarakat yang diharapkan hasilnya berupa kesadaran, kemauan dan konsistensi pembentukan perilaku masyarakat yang disiplin terhadap Germas, dan sehingga imunitas tubuh kita semua menjadi relatif lebih meningkat dan relatif lebih aman dari ancaman penularan penyakit berbahaya untuk generasi yang kuat dan produktif di masa depan,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari DETIKIndonesia.co.id. Mari bergabung di Channel Telegram "DETIKIndonesia.co.id", caranya klik link https://t.me/detikindonesia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : TIM
Editor : MUFIK
Sumber :

Berita Terkait

Pedagang Keluhkan Tarif Retribusi Sampah, Kabid DLH Langkat Berang di Konfirmasi
Muhammad Ilham Berharap Darwis Batubara Dapat Berkolaborasi di Pilkada Deli Serdang 2024
Pengalihan Jembatan PTPN II di Langkat, Diduga Ajang Cari Keuntungan Pribadi
Resmi Daftar di DPW PKB, Samaun Hegemur Siap Jadi Calon Wakil Gubernur Papua Barat
Safitri Malik Soulisa Optimis Dapat Dukungan dari NasDem di Pilkada Bursel 2024
SBGN Malut Tarik Diri Terkait PHK yang Dilakukan Oleh PT. WP
Bupati Freddy Thie Kembalikan Berkas Pendaftaran Calon Bupati Kaimana ke DPD PDIP Papua Barat
Safitri Malik Daftar di Demokrat, Duet SMS – GES Jilid II Bisa Terjadi

Berita Terkait

Minggu, 12 Mei 2024 - 20:01 WIB

Demi Bela Klien, Benny Wulur Tantangan Tinju Hotman Paris di Ring Arena

Sabtu, 11 Mei 2024 - 18:53 WIB

Ketua MPR RI Bamsoet Tegaskan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Sulit Untuk Dijegal

Kamis, 9 Mei 2024 - 18:57 WIB

Soal RUU Pengelolaan Ruang Udara, Senator Filep Beri Analisa Dampak Bagi Daerah

Rabu, 1 Mei 2024 - 14:02 WIB

Kalah dari Uzbekistan, Ketua DPD RI Pacu Semangat Timnas Indonesia U-23 Tetap Menyala

Rabu, 1 Mei 2024 - 13:54 WIB

Sukses Bikin DPD RI Bertaji, LaNyalla Terima Special Award dari PWI Jatim

Jumat, 26 April 2024 - 12:08 WIB

Ketua DPD RI Puji Isi Pidato Prabowo di KPU: Patriotik Sejati

Selasa, 23 April 2024 - 20:19 WIB

Pada Sidang Mediasi, Nasabah WAL Minta Instrumen Pengembalian Dana

Rabu, 17 April 2024 - 19:29 WIB

Percepat Penguatan IKN, Kemenpan RB Pastikan SDM Berkualitas

Berita Terbaru